Sama seperti bahasa pemrograman backend yang lain, di Go juga mempunyai command sendiri untuk mengeksekusi aplikasi Go yang berbasis CLI. Ada beberapa command dalam Go diantaranya adalah go run, go test, go build, go install, go get. Satu per-satu akan dijelaskan dibawah.

Go Run

Command go run digunakan untuk eksekusi file program yang punya ekstensi .go. Seperti yang kita ketahui, bahwa Go akan melakukan compile ke binary sebelum di eksekusi oleh hardware jadi di command ini Go melakukan 2 eksekusi:

  1. Compiling.
  2. Binary Execution.

Sebagai contoh penerapan nya adalah sebagai berikut.

$ go run go_command/go_run.go
Contoh penerapan command go run

Go menyediakan internal library untuk keperluan testing. Jadi kita tidak perlu untuk install eksternal package kalau kita melakukan simple testing. Agar tidak nambahin space di hard disk kita. Go mengharuskan kita untuk menambahkan suffix di akhir penamaan file {filename}_test.go.

Go Test

Contoh penerapan:

$ go test go_command/penjumlahan_test.go
Contoh penerapan command go test

Go Build

Seperti dijelaskan pada section go run diatas, bahwa Go akan melakukan compile code kita ke binary lalu akan di eksekusi. Nah bedanya dengan go build adalah command ini hanya akan melakukan compile dalam bentuk file execution saja dan untuk eksekusi harus ada instruksi tambahan dari kita. Hasil compile dari go build ini secara default di taruh di folder bin dari gopath kita.

  1. Untuk Windows, file akan ber-ekstensi .exe
  2. Untuk Unix, file tidak ada ekstensi, biasanya output nya sama seperti file name

Contoh penerapan:

$ go build go_command/go_run.go
Contoh penerapan command go build

Go Install

Process pada command ini hampir sama dengan go build yang membedakan adalah setelah proses compilation, akan diteruskan installasi aplikasi menggunakan file hasil compilation tadi.

Go Get

Command ini cukup sering dipakai ketika kita akan menggunakan eksternal library di aplikasi kita. Sama seperti npm install di nodejs. Hasil library yg kita download akan ditempatkan di $GOPATH/src jadi tidak akan masuk di folder aplikasi kita bekerja.

Contoh penerapan:

$ go get gorm.io/gorm

Gorm adalah ORM popular untuk golang.

 

Dari Go command diatas, saya sering pakai hanya go run, go get, go test & go build. Sedangkan go install jarang pakai karena belum ada kebutuhan untuk itu.